top of page

10 Hal Penting sebelum Kamu Pergi Travelling, No 10 Bikin kaget!



Judul yang ngeselin udah macam kayak line today. Padahal nanti pas kalian baca biasa aja gitu. Udah ekspektasi apa. Pas dibaca apa. Ya emang harus gitu biar orang – orang pada baca. Terus udah berapa kali keluar judul kaya gitu, udah tau bakal tertipu, tetep dibaca. Sip. Kali ini aku akan menulis apa aja sih yang aku siapin sebelum pergi travelling. Menurutku ini hal terpenting sebelum pergi.

1. Niat

Niat. Kalo kamu nggak niat travelling, ngapain kamu travelling bos?


2. Keberanian

Mungkin kalo kita travelling sama orang tua, kita akan ngerasa aman. Ngerasa aman secara financial HEHEHE. Atau kalo travelling pake travel agent ikut tur, kamu nggak usah takut kesesat dan lain – lain. Kalo travelling bareng teman, pacar, atau sendiri gimana? Pasti lebih banyak banget ketakutan – ketakutan kamu. Takut diculik, takut dicopet, takut dokumen penting ilang, takut uang ilang, takut celaka, dan banyak ketakutan lainnya. Please don’t! Jangan takut, kalo kamu takut diem aja di rumah ngurung diri di kamar. Sebelum kamu pergi, research is important! Kamu harus tau scam – scam apa aja yang biasa terjadi di destinasi tujuan kamu.


3. Izin

Izin. Sebelum pergi jangan lupa izin dari orang tua kamu, kalo kamu nggak izin nanti ada apa – apa. Siapa yang repot? Izin orang tua itu penting, kalo nggak boleh jangan maksa! Coba cara lain supaya diizinin tapi tidak memaksa(?)


4. Uang

Uang. Kalo kamu nggak punya uang. Ya jangan pergi bos. Siapin uang jangan lupa. Kalo kamu jalan – jalan masih dalam negeri, kamu nggak usah repot – repot tuker uang. Sekarang sudah eranya cashless, ATM juga udah banyak. Tapi coba liat – liat lagi destinasi tujuanmu itu bakal banyak ATM dan nerima cashless nggak sih? Prepare is a must! Kalo kamu jalan – jalan keluar negeri, bawa uang secukupnya dan bawa uang cadangan. Jangan lupa baca – baca tips dari orang – orang, perlukah bawa uang cash banyak – banyak atau tidak.

Contohnya aku pernah ke Singapore nggak bawa uang Dollar Singapore/Dollar Amerika sama sekali karena ketinggalan. Akhirnya pake kartu kredit dan untuk uang cashnya ambil dari ATM yang ada logo sama dengan ATMku, tapi pastinya akan kena charge.

Waktu pergi ke Korea. Disana rata – rata bayar pake kartu kredit, tapi kalo kamu belanja – belanja ke daerah Universitas disana banyak banget barang murah diskon tapi bayarnya harus cash kalo mau harga murah itu. Kalo bayarnya pake kartu debit/kredit kenanya harga normal.

Jadi pintar – pintar lah mengatur uang cash kamu, dan jangan lupa bawa catatan untuk nyatet pengeluaran kamu. Nyatet pengeluaran bisa jadi gambaran kalo kamu bakal balik lagi ke tempat itu.


5. Dokumen penting

Dokumen penting, tiket pesawat, kereta, bus, hotel, asuransi, dan identitas kamu ini penting. Simpan dokumen penting kamu di tempat yang aman. Untuk KTP, Paspor, dan Visa jangan lupa kamu scan! Kalo kamu pergi keluar negeri jangan lupa cari tau perlu visa apa nggak, kalo paspor mah wajib bos.


6. Penginapan

Penginapan, ini terserah kamu. Kamu suka langsung datang ke hotel tanpa booking atau booking dulu. Aku selalu booking dulu karena pesen pake kartu kredit orang tua, selain itu males gitu hunting hotel disana. Aku lebih suka hunting hotel dari website. Banding-bandingin harga, fasilitas dan lokasi. ? Penginapan bisa berupa hotel, hostel, villa, atau sewa airbnb. Aku belum pernah sewa airbnb, waktu itu udah mau sewa tapi waktu kosongnya tidak match. Kalo pergi ke korea dan serombongan banyak banget kayaknya enak pake airbnb karena banyak banget apartemen murah – murah.

Aku biasanya prefer nginep di hostel karena hostel itu jauh banget harganya. Tapi kadang kalo hotel yang baru buka lagi promo, harga meyakinkan, dan lokasi strategis jadi kenapa tidak. Kalo mau cari hostel aku biasa mencari hostel yang dekat transportasi umum, murah, bersih dan terakhir designnya unik! Simpel sih.


7. Transportasi

Transportasi penting banget, jangan sampe kamu sudah di destinasi tujuan kamu tapi bingung naik apa. Misalnya ke Bali, sewa mobil dan motor, ke Jakarta bisa naik KRL, dan Transjakarta, ke Bandung naik angkot, kalo ke Singapore naik bus dan MRT, ke Thailand khususnya Bangkok naik BTS, MRT, dan bus, dan lain – lain. Jangan lupa baca tips – tips untuk turis, biasanya ada paketan harga kartu turis untuk beberapa hari seperti Singapore Tourist Pass, dan BTS yang unlimited ride untuk 1 hari.


8. Makan

Kalo kamu cari makan halal, ada baiknya research dulu dimana spot – spot makanan halal atau bisa buka zabihah.com, liat instagram akun @halalfoodhunt dan @havehalalwilltravel. atau baca blog, dan buku.


9. Barang elektronik

Barang elektronik disini mungkin lebih apa aja sih yang kamu bawa buat travelling, kamu mau bawa laptop boleh banget ini tergantung, ada traveller yang bawa laptop karena langsung pindahin foto – fotonya. Mungkin yang paling penting adalah kalo kamu pergi ke luar negeri dan harus tau loh colokannya kayak gimana. Bisa dicek di electricaloutlet.org.


10. Nggak ada, biar kaget kayak judulnya. Jadi 9 hal itu aja yang menurutku harus kamu siapin.


bottom of page