top of page

[SPOILER] Pad Man Movie


Ini adalah pertama kali aku nonton film Hindi di bioskop. Awalnya aku cuma niatnya makan aja di Kalibaca City Square ini. Sebenarnya pengen nonton sih, tapi gara-gara ini tanggal 13 Februari Eiffel I’m In Love dan Black Panther baru keluar besok. Sedangkan aku dan Arda ada acara pas itu film keluar, jadi pengen nonton hari ini. Pas lagi makan aku buka jadwal film, kita masih berharap tiba-tiba jadwal filmnya bisa jadi hari ini(TAPI GA MUNGKIN LAHHHH IHHH). Eh ada film “Pad Man”.

Siang-siang tuh aku sempet baca sekilas karena lagi scrolling timeline twitter buka profile orang, liat tweet-tweetnya, ada tweet bagus hasil retweet buka lagi profile twitter tersebut dan seterusnya. Lalu baca tweet yang intinya “Padman ini comedy dan bagus.“ OK. Nggak penasaran ini film tentang apa, liat posternya nggak, dan yang aku tau ini film India. Selama ini aku nonton film India selalu bagus.

Sedang bosan dengan rutinitas yaudah aku bilang nonton aja yok mumpung waktu nontonnya pas. Oke aku akan nonton! Seimpulsif itu, dan lagi-lagi nggak baca sinopsis. Pas sampe cinemaxx liat deh posternya. Nggak mikir apa-apa sih. Ya gitu komedi. JUDULNYA AJA AKU GA MIKIR LOH. Pad Man? Apaan Pad Man? Ngeliat muka pemain dan posternya kok nggak kaya komedi ya?


Yaudah deh.. Pokoknya nonton aja. Katanya komedi dan bagus. Padahal siapa yang bilang itu bagus juga nggak inget siapa :-)

Scene pertama disambut nyanyian ala-ala bollywood.

Sudah biasa.

Hmmm. Pemeran utama Lakhsmi, baru aja nikah sama Gayatri. Singkat cerita Pas lagi makan tiba-tiba Gayatri keluar rumah dan sedikit shocked. Lakhsmi langsung ingin menyusul Gayatri keluar. Tapi ditahan sama Sister dan Ibu Lakhsmi. Sisternya berkata “ It’s a girl thing”.

OK!

Apaan sih disini aku masih bolot ngga ngerti, kenapa ya? Tadi Gayatri kaget, langsung keluar dan dia bilang dia kotor???! Mau cuci tangan? Masa segitunya ya kalo tangan kotor kayak ketakutan…dan Lakhsmi ini nggak mau membiarkan istrinya di luar sedangkan dia makan bersama ibu dan sisternya. Disinilah aku baru sadar bahwa Gayatri itu sedang mens:--) Masih nggak ngeh loh aku sama judulnya padahal udah jelas itu mens x pad.

Pad = pembalut.

Aku terdistraksi sama budaya di desa ini, jadi kalo cewek lagi mens itu tidurnya di luar rumah! Jadi di luar rumahnya disediakan bangku buat tidur. OMG? Segitunya loh, kalo orang lagi mens itu kotor dan nggak suci. Kemudian kalo lagi menstruasi mereka tuh nggak pake pembalut karena pembalut super mahaaaal!! Jadi mereka memakai sejenis kain gitu. Membicarakan menstruasi kepada lawan jenis itu tabu banget. Jadi ya memang “It’s a girl thing banget”. Memang sih ngapain juga ngomongin menstruasi tapi di cerita ini memberikan kesan, ya cowok nggak usah ngerti dan tau. Padahal kalo aku sih sebagai cewek lagi menstruasi (atau lagi nggak juga) ingin dimengerti. :P

Pas Lakshmi liat istrinya tidur di luar dan pake kain buat mens, dia merasa “gila ya istri saya masa pake kain kotor”. Jadi Lakhsmi sang suami yang setia ini langsung pergi beli pembalut buat Gayatri. Baik banget kan? Saking cintanya dia dengan Gayatri dan ingin yang terbaik buat Gayatri. Pas udah beli, eh mahal banget pembalutnya dong! Lupa berapa pokoknya bikin shocked deh. Mana pas belinya, penjualnya aja ngasinya ngumpet-ngumpet. Ini juga menjadi kesan kalo menstruasi bener-bener tabu banget.

Pas nyampe rumah malah dimarahin Gayatri:(

Dah cape-cape beli pembalut, mana duitnya minjem temen, pembalutnya disuruh dibalikin dong! Sad :” Katanya uang segitu bisa dipake keperluan lain. Gayatri nggak enak juga sama ibu mertua, nanti dicap inilah itulah. Sedih, mana pembalut nggak bisa dibalikin. Tapi inilah awal mulai perjuangan Lakhsmi BIKIN PEMBALUUUT! YES. Makanya judulnya “Pad Man”. Bikin pembalut juga nggak sekali percobaan jadi, tapi ya berkali-kali dan ditolaknya juga berkali-kali. Sampe Lakhsmi make pembalut lho buat cobain his own pad.

Perjuangan bikin pembalut dan tabunya tentang menstruasi di desanya ini membawakan hasil yang kurang baik. Perjalanan buat pembalut ada rasa lucu dan sedih sekaligus. Lucu, Lakhsmi ini orangnya bener-bener sangat bekerja keras, tujuan dia mau membuat pembalut murah buat istrinya supaya istrinya nggak make kain “kotor” lagi. As simple as that. Saking kerja kerasnya, dia nggak peduli sekitar, atau memang orangnya ya se”lurus” itu. Bener-bener dia bodo amat dikatain sama orang-orang. Jadi kelakuannya ini membuat lucu tapi sekaligus sedih.

Tapi tapi tapi….yang di poster film ini bukan Gayatri alias istrinya lho! Loh jadi siapa dong? Ya itu menambah letak dag dig dugnya cerita ini. Cerita ini sedih, lucu, dan senang. Bener-bener memperlihatkan perjuangan seorang suami demi istri tercintanya, dan karakter Lakshmi ini sederhana, bener-bener membuat pembalut karena ya dia punya suatu tujuan.

Film “Pad Man” ini nggak ada kesan joroknya kok. Bener-bener cerita cinta dan campur perjuangan *ciaaaa. Perjuangan yang hampir kehilangan keluarga, uang dan harga diri di masyarakat tapi karena punya tujuan dia bisa membuktikannya. Menurutku ini film bagussss bangeeeet, dan memang ini based on true story. Jadi kalian wajib menonton film ini!

bottom of page