top of page

Thai Chicken Basil dan Makanan di Krabi

Malam ini masak Thai Chicken Basil. Kalo makan di restaurant Thailand entah kenapa senengnya pesen ini. Seketika inget Krabi. Krabi ini letaknya di barat Thailand Selatan. Thailand Selatan kan berbatasan dengan Malaysia, jadi di Krabi ini bener-bener banyaaaak (enggak deng lebay) yang bisa ngobrol pake Bahasa Melayu. Makanan halal juga ada beberapa kalo di Krabi, jadi nggak terlalu khawatir nyarinya. Waktu itu aku makan deket hostel, namanya apa aku lupa..kayak warung makan gitu tapi bersihlah yaa, halal juga.


Lalu pesen makanan, pesen tom yam dan thai chicken basil. Pas makanan nyampe aku dan Icha langsung saling nyobain makanan satu sama lain.


Waiternya langsung ngehampirin kayak panik gitu “Enak nggak?” nanya pakai bahasa Indonesia.


Aku langsung bilang “Enaaaak!”

Tapi ya serius enak, akhirnya nyobain authentic Thai Chicken Basil. >,<

Thai Minced Chicken Basil (Kiri) dan Tom Yam Soup (Kanan)

Hari ini kebetulan masak Thai Chicken Basil karena

  1. Mumpung lagi ada stock basil

  2. Sekalian basilnya mau dibuat pesto

  3. Udah beli minced chicken tapi belum dipakai

  4. Beli kecap ikan merk Thailand tapi belum dipake

  5. Ada niat memasak

  6. Laper

Resepnya ini aku ambil dari Rasa Malaysia, aku ambil dari situ karena ya kira-kira aku ada bahannya. Hahaha ohya kadang aku kalo masak suka ditakar, kadang juga ya suka-suka/kira-kira aja. Ini resepnya untuk 3 porsi yaaa:

  • 2 tablespoons oil (Aku pake Minyak Kelapa)

  • 4 cloves garlic, finely chopped

  • 2 shallots, finely chopped

  • 10 oz ground chicken (Aku beli chicken yang sudah digiling)

  • 6 bird's eye chilies, chopped and pounded with a mortar and pestle, or 1-2 fresh jalapeno cut into slivers (Pake cabe keriting)

  • 1 1/4 tablespoons fish sauce (Fish sauce merk Tiparos, beli di tokopedia dan halal)

  • 1 teaspoon palm sugar or sugar to taste (Palm Sugar merk Timurasa)

  • 1/2 teaspoon kecap manis or sweet soy sauce

  • 1 bunch Thai basil leaves, lower stems removed (Daun Basil saja)

  • 3 dashes white pepper (Gapake haha)

Cara masaknya sih kalo aku agak sedikit beda:

  • Panaskan minyak, masukan bawang merah, bawang putih dan cabe keriting. Kalo udah mulai kecoklatan aku masukin ayamnya langsung.

  • Ayamnya kalo sudah matang lalu diaduk dengan bawangnya, bawangnya jangan sampe gosong jadi diatur hahaha

  • Masukin deh bumbu-bumbu sisanya~

Okeh setelah jadi komenku adalah bau basil sangat menyengat, entah mengapa kurang sukaaa! Terus wangi dan rasa kurang ngeblend. Maybe, next time I’ll try cooking again yaaa!

Ohiya aku pake minyak kelapa, dan palm sugar biar lebih sehat hihihi.


bottom of page