top of page

All About Bus in South Korea! (Intercity and Express Bus)

Haloooo waktu ke Korea Selatan kemarin, aku di dalam kota maupun ke luar kota sempat beberapa kali menggunakan bus umum. Jadi disini aku mau bahas A-Z yang aku tau dan pengalaman tentang bus umum di Korea. Di post ini aku akan bahas Intercity bus dan Express bus untuk berpergian ke luar kota.


Bus di Korea ada Express Buses dan Intercity Buses, dua-duanya provide untuk pergi ke luar kota. Tetapi bedanya kalo yang Intercity Buses ini cenderung berhenti di kota lain. Express Buses akan berhenti di rest area saja. Ohya terminalnya juga biasanya dipisah, tetapi jika ada nama Jonghap pada nama terminal berarti dalam terminal tersebut ada Intercity Buses dan juga Express Buses. Kenapa perlu tau karena akan sangat ngaruh saat beli tiketnya. Bisa berbeda lantai atau bisa sebelahan tapi berbeda section.


Intercity Buses

Bus ini biasanya akan berhenti di kota-kota kecil sebelum sampai tujuannya. Tetapi ternyata ada yang tidak berhenti disebut jikhaeng (direct route) atau mujeongcha (non-stop). Kebetulan kemarin aku nggak pakai Intercity Buses ini jadi nggak bisa cerita banyak.

Kalo mau reservasi bisa lewat web ini:


bustago.or.kr (Korean, English, Japanese, Chinese)


txbus.t-money.co.kr (Korean, English, Japanese, Chinese)


Tapi aku kemarin nggak pernah naik intercity bus, jadi nda ada pengalaman apa-apa.


Express Buses

Kebetulan liburan November 2018 aku mau ke luar Seoul (Busan,Jeonju, dan Gyeongju), jadi aku bandingkan harga dulu enaknya naik bus atau naik kereta.


Oh ya sepertinya harga bus naik karena harga yang aku cek sekarang dengan waktu aku tahun 2018 berbeda, tetapi untuk KTX harga masih tetap.


Nah karena aku akan ke beberapa kota dan dengan segala pertimbangan budget, aku memilih naik bus. Padahal pengen bangeeeeet naik KTX (kereta cepat korea), tetapi dengan perbandingan harga segitu dan harus ke beberapa kota aku ndak sangghuuup. Aku pun sudah mempertimbangkan pake KR pass. Ini harga rupiahnya aku kaliin Rp13 ya, nah kalo mau coba beli di Klook deh, bisa beda sekitar 100ribuan dari harga sekitar tabel yang aku gambar. Sebenarnya mah gimana harga won juga sih. Itupun Rp13 udah ketinggian tapi ya jaga-jaga aja hehehe.


Tetap saja aku nda sanggup, lalu memang ga match nih sama itinerary ku huhuhuh </3 Padahal kan seru kalo ke Busan naik KTX biar bisa update Train to Busan ;P


Aku tuh kan anaknya insecure abis ya, jadi pengennya bus tuh udah direserve. Aku nyari-nyari di website dan baca-baca pengalaman orang, kalo mau reservasi bisa via kobus.co.kr (English, Korean, Chinese).


Saat buka tampilan kobus.co.kr seperti ini, jadi ganti bahasa dulu yaaa di pojok kanan atas ke english kecuali bisa hangeul.





Nanti kalo sudah ganti bahasa, ya sudah masukin aja sesuai mau kemana. Lalu, saat mencoba melihat - lihat jadwal dan harga. Aku coba reservasi. Bisa pake CC kok!


Tapi ternyata harus masukin nomer telfon, harus nomer telfon Korea.


Aku baca di tripadvisor pun bilang memang harus nomer Korea. Sebel. Lalu aku nanya sama Teh Syl, teman yang kebetulan lagi kuliah di Korea, apakah sebelumnya dia pernah pakai web tersebut? Sayangnya belum pernah, eh eh tapi baiknyo dia ngasih pinjam nomer telfon. Aku coba pake nomer telfon Teh Syl.


Bisa!


Hasil bookingnya aku capture aja, ke nomer hp pun tidak ada notif apa-apa.


Ohya, aku googling "kobus ticket reservation" ketemulah forum di tripadvisor kalo bisa masukin nomer telfon ini 010-1234-5678 atau bisa lihat di link ini lengkapnya. Waktu itu aku kan berangkat november 2018 jadi forum ini belum ada hahahaha. Nanti di terminalnya tinggal print aja pakai mesin.




Nah, waktu aku dari Seoul milih berangkat dari Dong Seoul Jonghap Bus Terminal. Aku lupa kenapa milih berangkat dari Dong Seoul. Seingetku dulu karena penginapan ga dapet yang match aku mikir kalo daerah Gangnam mahal, tetapi daerah Dong Seoul juga SUSAH PENGINAPAN dan mahal. Susah penginapan karena aku mepet bookingnya HAHAHH! Tapi karena aku abis refer airbnb, untuk pertama kali booking aku punya credit Rp460.000 dengan minimal booking total Rp970.000. Kalo belum ada Airbnb sign up pake kode aku ya di link ini, lumayan dapet travel credit nanti :3


O, ya daerah Dong Seoul Jonghap Bus Terminal ini agak jauh kalo ke tempat yang must visit kayak Dongdaemun, Myeong-dong, dll.


Lalu, ketika kalian booking atau liat brosur atau menemukan "East Seoul Terminal" ini nama lain dari Dong Seoul Express Bus Terminal (cmiiw). Nah kalo "Seoul" ini City Central, lalu kalo aku lihat-lihat lagi di City Central ini ada Honam Line dan juga Gyeongbu Line dan deketan gitu siiiii.


Bisa juga berangkat dari Sangbong Station tapi nanti dari Sangbong akan menuju Central City baru deh ke kota tujuan.



Dong Seoul Jonghap Express Bus Terminal


Waktu kemarin aku kesini kan pagi-pagi dan hujaaaaaan. Jadi sayang sekali boro-boro mau foto keadaan luarnya hehehe. Nah seperti kita tau pada artikel ini kalo terminal Dong Seoul adalah Jonghap yaitu provide inetrcity buses dan juga express buses, tetapi WAKTU ITU AKU NGGAK TAU.


Jadilah aku sok ide saat mau tuker tiket ke Automatic Ticket Issuing Machine, kok ga bisa udah pake bahasa inggris juga. Nggak keluar tiketnya. Huhuhuhuhu panik. Nanya ke counter. Kata doi di lantai 2 hehehe baiklah :)


Di lantai satu itu intercity buses, makanya dimana-mana kalo terminalnya jonghap harap lihat - lihat karena ketika beli tiketnya kan terpisah.


Automatic Ticket Issuing Machine


Padahal udah ngefoto ini, nggak baca tuh "Express Bus 2rd Floor" HAHAHAHAHHA

Nah, kalo kalian pake CC udah deh si CC itu tinggal ditancepin ke si mesin, nggak usah pencet apapun! Langsung coy keluar. Kampung bgt aku tuh merasa keren gitu. Setelah dapet tiket jalan deh menuju ruang tunggu. Nanti di tiketnya ada tulisan di barisan ke berapa si bus itu parkir. Kalian tinggal ke angka tersebut. Di depan busnya juga, sudah ada jam keberangkatan kok. Saat masuk juga jangan lupa scan barcode untuk check-in, jadi supir tau penumpang sudah ada atau belum (lihat di layar).




Sayang banget fotonya goyang dan dari jauh jadi nggak keliatan jelas ya layar informasi tersebut?



Kamar mandinya juga cukup bersih kok, nggak jijik. Walaupun di foto agak kotor ya ada tissue di lantai hihihihi.


One thing to note juga jangan lupa inget nomer bus kalian, soalnya kalo berhenti di rest area banyak bus. Jangan sampe salah naik yaaa.


Busan Jonghap Express Bus Terminal

Suasana Terminal

Busan Terminal ini Jonghap juga jadi jangan sampe salah tapi aku salah lagi HAHAHHA nggak keliatan ticket machine satu lagi :") Ambiencenya disini jadul bangeeet sumpah! Interior kayak nonton film china waktu masih kecil wkwkkw.


Ohya kalo disini udah connected dengan subway ya! Ada tempat jajan-jajan kecil juga hehe.


Jadi setelah turun bus > naik > lewatin tempat jual tiket > subway area > turun > naik subway deeeh~



Jeonju Express Bus Terminal

Terminalnya kecil dan interiornya lebih modern, ada tempat makan, jus, convenient store, nature republic, dan ada tourist information. Kalo tourist information, setelah turun dari bus naik ke lantai 2 apa 3 lupa. Nanti keluar yang ada jual jus itu ada tourist information di luar dan juga langsung bisa naik taxi. Kemarin aku nyampe pas jam makan siang jadi tutup huhu tapi aku tunggu bentar. Orangnya baik (yaiyala), aku minta tolong buat bilangin ke taxi driver aku mau kemana dan negoin supaya mau angkut koper-koper gede kami (Pengalaman bawa koper ditolak taxi driver).


Ohya, aku disini nggak reservasi. Jadi langsung datang aja, sebutin kemana, pilih waktu. Komunikasi nggak susah-susah amat kok.


Tipe Bus

Seperti kalian lihat, bus ini ada kelas-kelasnya:

Economy

Excellent

Premium

Nah jadi tiap jam itu akan berbeda kelasnya dan juga beda agen busnya ya. Kemarin aku ngejar waktu, jadi nggak peduli kelasnya mau ekonomi atau excellent bahkan premium. Kemarin aku sudah naik ekonomi dan excellent.


Seat Economy

Ekonomi yang aku naikin yaudah cuma kursi tok aja, nggak bisa dimundurin seatnya, dan nggak ada untuk charge. Seatnya 2-2.


Excellent yang aku naikin ada charger, ada pijakan kaki, bisa dimundurin seatnya. Seat 2-1.


Rest Area

Gila aku tuh seneng banget tiap turun ada rest area, pertama ya karena baru pertama aja sih ke rest area di luar negeri maap norak, kedua rapi gitu, ketiga dingin-dingin banyak jajanan! Di rest area berhenti sekitar 10-20 menit, nanti dikabarin kok sama drivernya seingetku. Terus inget-inget aja nomer bus, tapi so far waktu kesana parkir busnya nggak pindah-pindah. Waktu itu dingin banget tolong dan sedikit gerimis, enaknya jajan lucu, dan kamar mandinya bersih+gede jadi tenang saja.

Rest area view



bottom of page