top of page

Jeonju - Gangneongjeon Hanok Stay


in front f Hanok

Using Lomography Simple Use Camera 400 - Negative film


One of My Korean Bucket List adalah menginap di Hanok (rumah tradisional Korea). Ohya karena memang mau ke luar kota, jadi aku sengaja banget mau stay di Jeonju Hanok Village. Waktu milih penginapan lagi-lagi aku selalu bandingkan Agoda dan Airbnb. Dari dulu entah mengapa selalu make agoda, aku suka double check juga sih ke traveloka atau booking.com karena harganya bisa beda-beda. Untuk visual dan kemudahan aku baca review, lihat fasilitas, dan maps, aku selalu pake Agoda.


Setelah pencarian panjang alias membanding-bandingkan penginapan, jatuhlah pilihanku di Gangneongjeon Hanok Stay. Menurutku cari penginapan ini sesuai gaya travel masing-masing ya dan kebiasaan. Jadi belum tentu apa yang menurutku nyaman, juga nyaman menurut kalian.


Kriteria menginapku untuk Hanok:


Murah

Murah tapi di fotonya bagus alias seleraku sih hahaha ya, aku mengedepankan murah peorang <200k karena budget terbatas


Lokasi bagus

Kemana-mana dekat biar kalo jalan kaki atau cari makan gampang


Fasilitas

Nggak harus ada breakfast soalnya velum tent halal kan, kalo bisa sih ada dispenser atau dikasih minum. Compliment kayak teh, kopi, sabun, sikat gigi, dll nggak perlu soalnya bawa. Aku sudah sewa mobile wifi sih tapi lebih baik ada wi-fi gratis . Kamar mandi dalam is a must. Mesin cuci nggak usah soalnya cuma semalam


Pertimbangan saat memilih penginapan Hanok di Jeonju tentunya harus masuk kriteria yang aku mau, lalu ketika milih juga ada hal-hal yang aku lihat:


Rating Umum

Penginapan ini dapat rating 8.8 di Agoda, aku langsung filter sih penginapan yang rating di atas 8.5. Jadi pilihan nggak terlalu luas


Rating Lokasi

Penginapan ini dapat rating lokasi 9.5 di Agoda. Selain liat rating, aku juga liat letaknya di maps asli


Baca Review

Baca review penting buatku, menghindari ekspektasi aneh-aneh, memang review itu personal tapi aku suka mempertimbangkan review orang lain walaupun balik lagi kenyamanan dan standar orang menginap berbeda


Lagi buka halaman pagenya ada review aku muncul

Ohiya, selain itu kalo di Agoda ini setelah booking nanti dapet PDF bukti booking. Disitu ada alamat bertuliskan hangeul. So, kalo driver taxi nggak bisa bahasa inggris tinggal perlihatkan aja hangeulnya. Pastinya ada nomer yang bisa dihubungi juga.


Waktu aku baru sampai Terminal Bus Jeonju, aku kan buka agoda ya mau liat alamatnya. Sama mau nanya ke tourist information naik apa ya enaknya. Eh baru tau ternyata di apps Agoda bisa chat. Terus ada message dari hostnya, doi nanya kapan aku sampe dan dia merekomendasikan naik taxi.

Peta Jeonju Hanok Village

Jadinya aku naik taxi ke tempat ini, bisa sih naik bus tapi aku pengen cepet sampe. Kalo kalian mau naik umum bisa, nanti busnya akan berhenti di daerah Jeonju Hanok Village. Kalo ke penginapan ini naik taxi, nanti kalian diturunin di jalan raya depan gangnya karena mobil nggak boleh masuk. Pas turun dari taxi langsung pada nawarin sewa hanbok lhoooo. Nah nanti dari gang (sebenarnya nggak gang sih muat 2 mobil pas kok) jalan dikit, di sebelah kanan ada jalan kecil masuk kesitu langsung sampe.

Gang penginapan dan ada penunjuk jalan menuju penginapan


Pintu Masuk Hanok Stay

Setiap rumah yang aku lihat sih ada penanda bahwa "Rumah ini diawasi oleh CCTV" intinya gitu. Apa-apa ada CCTV, jadi relatif aman walaupun host nggak stay di penginapan ini. Kalo ada apa-apa tinggal chat host via instagram.


Sesampainya langsung disambut sama host lupa namanya maafin >.< terus dia langsung ngasih maps, dia menjelaskan apa saja yang wajib dikunjungi. Makanan juga yang oke dimana. Walaupun bahasa inggrisnya nggak terlalu bagus tapi oke sih orangnya baik banget dan sangat welcome. Banyak nanya-nanya kata dia kalo ada apa-apa chat aja, sepakat kita chat lewat instagram.

Bobonya di lantai gitu semacam futon

Kamar mandinya dinginnnnn banget

Lokasi dan akses: Deket banget sama Gyeonggijeon Shrine, pusat keramaian, dan luar Jeonju Hanok Village sendiri. Kalo naik bus dekat. Jalan kaki dari jalan utama juga dekat. Agak bingung soalnya harus masuk ke dalam jalan kecil tetapi langsung rumahnya kok.


Jenis Kamar: Triple Room, oh ya terdapat kamar Single, Double, Triple dan Quadruple Room


Review: Overall, aku suka nginep disini. Host ramah, lokasi oke, harga bersahabat. Kamar sendiri untuk ber3 agak sempit ya, masih ada space untuk 3 koper dan untuk kita tidur tetapi kalo kita mondar-mandir di kamar ya agak susah. Di dalam kamar dapat air minum botolan hehe tapi kurang, ada kulkas, heater, AC, Wi-Fi, dan TV. Di koridor ada water kettle dan microwave untuk dipakai bersama. Kamar mandi standar dapet handuk dan ada sikat gigi juga. Ohya dingin banget kamar mandinya hahaha.


How much I Paid: Booking via Agoda dapat harga Rp634.259


bottom of page